Rice Cooker menjadi alat andalan apabila ditangan yang benar. Hal ini dapat dibuktikan oleh para anak kost bijak. Apabila kamu merupakan anak kost, kamu pasti memanfaatkan semua peralatan yang kamu miliki semaksimal mungkin demi meminimalisir biaya hidup. Salah satu alatnya yakni rice cooker.

 

Sebagai anak perantauan, terkadang kita merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Apalagi disaat budget yang kamu miliki selalu pas-pas an. Nah, kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk memasak menu makanan berikut ini. Apa aja ya yang bisa kamu masak hanya dengan bermodalkan rice cooker tersebut? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Mie Instan

Mie Instan | https://www.goodnewsfromindonesia.id/
Mie Instan | https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Siapa yang tidak tahu trik yang satu ini? Sudah menjadi rahasia umum bagi para anak kos untuk memanfaatkan rice cooker demi memasak mie instan. Sudah tidak dapat diragukan lagi, mie instan menjadi menu andalan bagi anak kos. Untuk memasak mie instan dengan rice cooker cukup mudah. Cukup masukan mie instan dan air masak dalam rice cooker selayaknya memasak mie dikompor, kemudian tiriskan.

2. Scramble Egg

Scramble Egg | http://www.seriouseats.com
Scramble Egg | http://www.seriouseats.com

Kamu para anak kost udah tau kan apa itu scramble egg? Kalau masih belum tau, buruan deh kamu coba bikin di kost-kost an kamu sekarang juga. Caranya cukup mudah, letakkan isi telur ke dalam magic jar yang sudah di penuhi dengan mentega, tambahkan sedikit lada dan garam sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan parutan keju dan susu cair sebagai bahan tambahan. Aduk sedikit, dan setelah beberapa saat kemudian kamu sudah bisa menyantap scramble egg buatanmu sendiri. Mudah kan?

3. Sandwich

Sandwich | http://www.seriouseats.com/
Sandwich | http://www.seriouseats.com/

Sebagai anak kos kamu juga bisa lho sarapan sandwich. Caranya mudah, kamu siapkan isi sandwich. Misalnya telur matang, sayuran, dan keju. Kemudan taruh isian sandwich pada roti tawar, lalu tutup dengan roti tawar lagi. Oleskan mentega ke keseluruhan roti tawar. Kemudian pangganglah roti tawar tersebut dengan rice cooker. Tunggu beberapa saat, lalu sandwich sudah siap untuk kamu santap.

4. Sup Sayur

Sup Sayur | https://selerasa.com
Sup Sayur | https://selerasa.com

Apabila kamu hobi banget sama sayuran, namun cukup sulit mencari penjual sayur matang yang sesuai selera kamu. Kamu bisa bikin sup sayur ala mu sendiri dengan bermodalkan rice cooker lho.. Cukup siapkan dan cuci bersih sayuran pilihan kamu, misalnya buncis, wortel, kentang dan jagung. Masaklah bersama air matang dengan rice cooker mu, dan jangan lupa untuk menambahkan bumbu-bumbunya.

 5. Telur Balado

Telur Balado | http://kitabmasak.com
Telur Balado | http://kitabmasak.com

Kamu bisa buat telur balado dengan rice cooker juga kok. Rebus telur hingga matang di dalam rice cooker kamu. Setelah itu, kupas telur yang telah matang dan tambahkan cabai ulek dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya. Telur Balado sudah siap kamu santap! Telur balado bisa jadi solusi yang tepat untuk masakan sederhana kamu. Sesekali cobalah menu ini, jangan cuma makan mie instan pake nasi aja ya. Hehe..

6. Pasta Makaroni Keju

Pasta Makaroni Keju | https://prelo-wordpress.s3.amazonaws.com
Pasta Makaroni Keju | https://prelo-wordpress.s3.amazonaws.com

Makanan ala-ala Italia semacam pasta juga bisa kamu buat dengan bermodalkan rice cooker saja. Rebuslah makroni pada rice cooker, yang sebelumnya sudah kamu masukkan susu, garam, kaldu, dan juga keju. Hanya dengan waktu beberapa menit, Pasta Makroni Keju sudah bisa kamu lahap. Hmm, kapan lagi anak kost bisa makan makanan bermenu ala italia cuma modal rice cooker aja.

7. Mashed Potato

Mashed Potato | https://static01.nyt.com
Mashed Potato | https://static01.nyt.com

Mashed Potato juga bisa dijadikan makanan camilan selain pasta makroni keju tadi. Caranya juga mudah kok. Rebus kentang di dalam rice cooker. Setelah matang campurkan susu dan keju. Kemudian masak kembali sampai kejunya meleleh. Tada~ Mashed Potato sudah siap disajikan.

 

Itu dia Menu Makanan yang Bisa Kamu Buat dengan Rice Cooker. Kamu ingin coba menu yang mana?