Menjadi anak kosan yang jauh dari keluarga memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Selain hal tersebut merupakan tuntutan bagi mahasiswa yang berkuliah di tempat yang berbeda dari daerah asalnya.

Tak jarang anak kos banyak yang kesepian dan tidak tau harus ngapain untuk mengisi waktu senggangnya,khususnya di malam hari. Ya memang sih bisa hangout bareng temen – temen di bioskop maupun Cuma sekedar nongkrong di mall atau kafe, tapi itukan nguras isi dompet.

Padahal kita tau sendiri anak kos itu bisa dibilang tiap hari survive biar tetep bisa megang uang tiap hari. Salah satunya dengan cara dihemat. Kalau dipakai buat keluar sama temen terus. Mau menghemat bagaimana?

Eeeits tapi tunggu dulu, tidak setiap kesempatan bersenang-senang harus mengeluarkan uang. Ada banyak kegiatan yang bikin asik tanpa kamu harus mengeluarkan uangmu dari kantong. Namun tentu saja kamu harus mengeluarkan usaha yang lebih besar untuk sekedar mencari kegiatan yang akan menghilangkan suntukmu dimalam hari.

Kegiatan apa aja sih yang bisa dilakuin anak kos dimalam hari yang bisa bikin asik dan ngurangin bosen diwaktu senggang? Simak ulasannya dibawah ini.

1.     Internetan Gratis di Tempat Free Wifi

Internetan gratis di tempat free wifi | http://www.kusnantokarasan.com               
Internetan gratis di tempat free wifi | http://www.kusnantokarasan.com

Ini yang sering dilakukan oleh anak cowok khususnya dimalam hari. Rata rata kecepatan internet akan meningkat di malam hari karena pemakai internet lebih sedikit daripada di siang hari. Hal tersebut membuat bandwith  internet yang juga semakin besar sehingga internetan jadi lebih kencang.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi corner yang tersebar di setiap tempat di kotamu tinggal. Wifi yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk sekedar surfing internet streaming video di youtube maupun mendownload film dan lagu.

2.     Mencicil Tugas Kuliah Sebelum Menumpuk

mencicil tugas kuliah sebelum menumpuk | http://www.papasemar.com
mencicil tugas kuliah sebelum menumpuk | http://www.papasemar.com

terkadang menggunakan waktu senggang untuk mengerjakan tugas kuliah memang mengasyikkan. Karena dengan mencicil juga maka kita tidak akan tergesa gesa dalam menyelesaikan tugas kita apalagi jika sudah mendekati deadline dikumpulkan.

Ditemani dengan musik favorit ketika mengerjakan tugas kuliah dijamin membuat perasaan menjadi semakin rileks dan nyaman sehingga kamu bisa mengerjakan tugas kuliah dengan hati yang adem.

3.     Gowes ke Kota untuk Menikmati Indahnya Malam

Gowes ke kota untuk menikmati indahnya malam | http://www.hardikadwihermawan.blogspot.com
Gowes ke kota untuk menikmati indahnya malam | http://www.hardikadwihermawan.blogspot.com

Siapa bilang gowes dimalam hari tidak asyik? Justru dengan gowes dimalam hari akan membuatmu menikmati kelap kelip lampu kota. Juga karena melakukan gowes dimalam hari maka badan tidak akan merasakan panas dan gerah berlebih karena hawa sejuk malam telah mengusir gerahmu.

4.     Ajak Teman Teman untuk Main Bersama di Kosan

Ajak teman teman untuk main bersama di kosan | http://www.hipwee.com
Ajak teman teman untuk main bersama di kosan | http://www.hipwee.com

Apa salahnya untuk menghabiskan malam dengan teman teman di kosan? Daripada harus nongkrong di kafe atau restoran, malah bikin isi dompetmu terkuras drastis kan. Mengundang teman teman ke kos bisa juga dibarengi dengan bermain Playstation atau menyewa di rental PS terdekat

Selain itu, kamu dan teman teman juga bisa masak mie instan bersama. Seperti yang kita ketahui kalau mie instan merupakan makanan khas anak kos karena harganya yang murah dan penyajiannya yang praktis. Melakukan hal tersebut lebih berfaedah ketimbang nongkrong gak jelas sampai larut malam diluar kosan.

5.     Nonton Film lewat Laptop Kesayangan

Nonton film lewat laptop kesayangan | http://www.hipwee.com
Nonton film lewat laptop kesayangan | http://www.hipwee.com

Siapa sih yang tidak suka menonton film untuk membunuh jenuhnya waktu? Pasti banyak orang memilih untuk menonton film meskipun sekedar mengulang film yang pernah ditonton yang disimpan rapi didalam harddisk laptop. Namun hal tersebut terbukti efektif untuk mengusir jenuh di malam hari khususnya ketika waktu sedang senggang.

Kamu bisa menyewa atau meminjam DVD film dari temanmu maupun melihat film di website penyedia film gratis yang bisa kamu download maupun streaming. Agar tidak bosan dalam melihat film maka gantilah genre film setiap kali kamu menyelesaikan 1 film.

6.     Perawatan Wajah Sederhana di Kosan

Perawatan wajah sederhana di kosan | http://www.merdeka.com
Perawatan wajah sederhana di kosan | http://www.merdeka.com

Untuk kaum Hawa, merawat wajah merupakan hal yang penting agar wajah tetap terlihat bersih bersinar setiap saat. Dengan memanfaatkan waktu senggang di malam hari maka kamu bisa membuat masker alami dari sayuran dan buah buahan untuk menghabiskan waktu malammu sembari menunggu datangnya pagi.

7.     Main Game Sepuasnya

Main game sepuasnya | http://www.fexpect.com
Main game sepuasnya | http://www.fexpect.com

Buat kaum Adam, nampaknya bermain game merupakan sebuah kewajiban dan akan terasa ada yang kurang kalau tidak bermain meskipun sekali. Apalagi saat ini ada game berbasis online seperti ML, PUBG, Free Fire, dan masih banyak game game online diluar sana yang bisa kamu jadikan pelampiasan untuk mengisi waktu malammu.

Suasana bermain game semakin menyenangkan jika kamu dan teman – temanmu bermain game bersama atau istilahnya mabar untuk sekedar push rank (game ML) ataupun survive di medan perang yang tidak diketahui(game PUBG)

Bagaimana dengan tips tips diatas? Tertarik untuk mencoba? Yang pasti ada banyak sekali cara untuk mengisi waktu luangmu di malam hari yang tidak mengharuskanmu untuk mengeluarkan uang. Semua pilihan bergantung padamu. Semoga bermanfaat.