Saat anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang property, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Tujuannya tentu untuk mempermudah anda mencari porperti mana yang layak untuk di beli dan mana yang tidak layak untuk di beli.

Dengan mengetahui beberapa kriteria penting yang harus anda pertimbangkan nantinya, di harapkan anda mampu berinvestasi dalam bidang properti tanpa mengalami kerugian.

6 Kriteria yang harus dimiliki Properti untuk Investasi
6 Kriteria yang harus dimiliki Properti untuk Investasi

Inilah 6 Kriteria yang harus dimiliki agar investasi properti kita dapat meraup untung.

1. Cashflow Positif

Tujuan dari investasi tentu saja untuk membangun aset untuk anda atau untuk mencari passive income atau cashflow positif.

Ketika anda membeli properti, anda juga harus dapat menemukan properti mana yang kira-kira dapat memberikan cashflow positif dan mana yang tidak. Cashflow positif disini artinya adalah uang yang dihasilkan dari properti milik anda lebih besar dari total pengeluaran yang anda keluarkan setiap bulannya.

Dengan adanya cashflow positif yang baik, anda akan dapat mengembalikan modal anda saat berinvestasi awal. Untuk kelanjutannya, anda dapat mengembangkan aset positif tersebut agar anda dapat membeli properti lain sebagai aset anda juga.

 

2. Untung Saat Membeli

Seperti yang selalu dibicarakan oleh guru properti, cara terbaik saat anda membeli properti adalah anda mendapatkan keuntungan saat membeli.

Keuntungan disini maksudnya adalah anda membeli properti di bawah harga pasar atau “Below the Market”.

Dengan demikian, potensi untuk mendapatkan keuntungan dari properti yang anda beli tersebut akan semakin besar. Dan tentu saja anda dapat lebih cepat balik modal.

 

3. Mengetahui Motivasi Penjual

Salah satu hal penting yang tak kalah penting adalah motivasi penjual. Karena motivasi penjual saat menjual properti adalah salah satu kunci utama yang harus anda pertimbangkan kedepannya.

Seperti yag sudah ada pada artikel sebelumnya, ada beberapa motivasi penjual yang menjual propertinya di bawah harga pasar karena mereka selalu mendapatkan kerugian dari properti mereka.

Untuk itu, anda wajib mengetahui alasan apa si penjual menjual properti mereka sebagai salah satu bahan pertimbangan anda sebelum membeli.

 

4. Pertumbuhan Lokasi yang Potensial

Kriteria selanjutnya agar sebuah properti layak untuk di jadikan investasi adalah adanya potensi pertumbuhan dari lokasi properti tersebut.

Memang benar adanya jika kebanyakan harga properti di Indonesia setiap tahunnya selalu naik. Tetapi tidak semua lokasi properti dapat mengalami kenaikan harga. Jika properti yang ingin anda beli ada di lokasi yang sulit berkembang, maka properti anda akan kurang baik untuk di jadikan pilihan investasi.

 

5. Kondisi Bangunan

Point yang satu ini juga penting untuk di pertimbangkan. Karena kondisi properti juga merupakan salah satu faktor kunci sukses anda.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, mengetahui kondisi bangunan dari properti yang akan kita beli bisa juga menjadi kunci untuk mengambil keputusan apakah properti tersebut layak untuk di beli atau tidak.

Bangunan yang telah berusia lebih dari 20 tahun biasanya di kategorikan sebagai bagunan berumur tua. Dan bangunan berumur tua biasanya harus memerlukan banyak biaya untuk renovasi yang pastinya akan dapat mempengaruhi kondisi keuangan anda.

Jadi perhatikanlah kondisi bangunan sebelum anda membelinya, apakah membutuhkan renovasi dengan banyak uang ataukah tidak.

 

6. Dokumen yang Lengkap dan Sah

Hal terakhir yang harus diperhatikan juga adalah kelengkapan dokumen. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya bagi anda untuk memeriksa kelengkapan dokumen. Hindari properti yang bermasalah seperti yang tidak memiliki sertifikat, perumahan liar, status girik, properti yang sedang masuk dalam status sengketa, bangunan yang dalam status jaminan atau sitaan dan lain-lain.

Belilah properti jika properti tersebut memiliki dokumen lengkap dan bersertifikat. Untuk memastikan kelegalan dokumen tersebut, anda dapat periksa ke BPN dan melakukan transaksi dengan bantuan notaris/PPAT.

 

Jadi inilah 6 Kriteria Properti yang harus dimiliki untuk Investasi. Semoga bermanfaat untuk anda.