Apakah belakangan ini Anda sering merasa stress saat berada di dalam kamar kos karena berbagai masalah yang terus mengganggu Anda setiap harinya? Jika iya, maka sepertinya Anda perlu mencoba untuk meletakkan beberapa tanaman hias di dalam kamar kos sebagai salah satu alat untuk menenangkan dan menurunkan tingkat stress yang sedang Anda alami. Beberapa tanaman hias yang ditempatkan di dalam kamar kos tidak hanya membuat suasana kamar menjadi lebih cerah, mereka juga membantu menciptakan suasana yang santai dan tenang sekaligus menyegarkan udara di dalam ruangan.

Bahkan penelitian di Belanda pada tahun 2008 lalu membuktikan bahwa pasien rumah sakit yang diberikan tanaman hias di dalam kamarnya menunjukan tingkat stress yang lebih rendah dibandingkan pasien yang tinggal di kamar tanpa tanaman hias.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan menyajikan 5 Tanaman Hias Untuk Memperindah Kamar Kos yang efektif menurunkan stress dan menyegarkan udara dengan meningkatkan oksigen dan membersihkan racun yang ada di dalam rumah Anda.

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua (Sumber Gambar i2.wp.com)
Tanaman Lidah Mertua (Sumber Gambar i2.wp.com)

Sansevieria atau tanaman lidah mertua merupakan taman yang cocok bagi Anda yang sibuk beraktivitas di luar karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan dan perhatian khusus. Tanaman ini juga akan bertahan meskipun hanya mendapatkan sedikit air dan sinar matahari. Tanaman lidah mertua ini selain menyerap racun seperti karbon dioksida, pada malam hari tanaman ini mengeluarkan banyak oksigen sehingga tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam kamar kos supaya Anda bisa tidur dengan lebih tenang dan damai.

 

Spider Plant (Tanaman laba-laba)

Tanaman Laba-Laba (Sumber Gambar webkesehatan.com)
Tanaman Laba-Laba (Sumber Gambar webkesehatan.com)

Sepertinya tanaman laba-laba ini paling banyak dipilih sebagai tanaman hias yang diletakkan di dalam kamar kos. Bentuknya yang cantik dengan banyak daun yang membentuk seperti kaki laba-laba dapat memperindah kamar kos Anda.

Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini tersebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.

Tanaman berdaun panjang dan tipis seperti kaki laba-laba ini sangat mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu memastikan tanaman ini mendapatkan cukup cahaya matahari secara tidak langsung setiap harinya.

 

Peace Lily (Spathiphyllum)

Bunga Lily (Sumber Gambar www.alicdn.com)
Bunga Lily (Sumber Gambar www.alicdn.com)

Spathiphyllum adalah genus darai sekitar 40 spesies monikotil tanaman berbunga dalam keluarga Araceae asli dari daerah tropis Amerika dan Asia Tenggara. Bunga yang satu ini umumnya berwarna merah dan putih. Daunnya panjang dan berwarna gelap. Karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari, maka ia cocok diletakkan di dalam ruangan.

Bunga ini doyan air dan dapat menyerap polusi di dalam rumah. Lebih baik diletakkan agak jauh dari area yang terkena matahari atau jendela, sehingga usianya dapat lebih lama. Bunga ini dapat menyerap ammonia. Selain cantik, ternyata bunga yang satu ini juga baik di simpan di dalam rumah untuk mengurangi tingkat racun yang ada di udara. kecantikan dari warna putih yang ditampilkan bunga ini juga dapat memberikan sensasi rileks yang menenangkan untuk mata dan tubuh Anda.

 

Tanaman lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya (Sumber Gambar 4.bp.blogspot.com)
Tanaman Lidah Buaya (Sumber Gambar 4.bp.blogspot.com)

Mungkin sudah banyak orang mengetahui begitu banyak manfaat dari lidah buaya salah satunya yaitu kandungan gel yang terdapat pada daging buah tanaman ini memiliki efek penyembuhan khususnya untuk menenagkan luka bakar pada kulit.

Tanaman penyubur rambut ini ternyata mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara, seperti benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya yang ditanam dalam pot mini dan masih berukuran kecil cocok di simpan di dalam kamar kos anda. Selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi pengguna ruangan tersebut. Sementara itu, lidah buaya yang sudah berukuran besar, bisa disimpan dalam ruangan yang berukuran lebih besar lagi.

Lidah buaya juga dapat memantau kualitas udara di dalam rumah, karena tanaman ini dapat membantu membersihkan udara dari polutan yang sering ditemukan dalam berbagai produk pembersih kimia dan, saat jumlah bahan kimia di udara mulai berlebihan, tanaman ini akan mengeluarkan bintik-bintik berwarna coklat.

 

Dendrobiumdan Phaeleonopsis/ Anggrek bulan 

Anggrek Bulan (Sumber Gambar www.bibitbunga.com)
Anggrek Bulan (Sumber Gambar www.bibitbunga.com)

Anggrek dikenal sebagai tanaman yang rewel dan sulit untuk tumbuh . setelah kita perhatikan atas prilaku para pencinta bunga anggrek malah sebaliknya, justru dengan banyak penyiraman dan penyinaran matahari mereka berfikir akan memberi perawatan yang baik, walaupun itu malah justru sebaliknya, yaitu dapat mematikan tanaman anggrek itu sendiri.

Anggrek dapat berfungsi membersihkan udara dari xilena, polutan yang ditemukan di banyak lem dan cat sehingga mereka membuat susana yang mendukung kepada yang baru pindah rumah atau ruang baru direnovasi. Tidak seperti beberapa tanaman lain, anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari – sehingga mereka bisa hidup besar di kamar kos anda.

 

Itulah 5 Tanaman Hias Untuk Memperindah Kamar Kos. Semoga artikel ini bermanfaat, Salam Sehat.