Bagi sebagian besar anak kos mungkin olahraga adalah yang paling malas dilakukan. Apalagi, jika tempat kosnya berada didaerah perkotaan dan jarang sekali lapangan yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pergi gym bisa menjadialternatif pilihan, tapi kamu yakin? Daripada harus mengeluarkan uang hanya sekedar untuk ngegym, mendingan uang tersebut digunakan untuk membeli keperluan lain yang lebih penting.

Lalu bagaimana caranya agar bisa berolahraga bagi yang males cari lapangan dan pergi ke gym karena mahal? Tenang saja guys, sekarang olahraga bisa dilakukan dimana saja, tidak perlu ada lapangan maupun tempat gym yang mahal.

Kamu masih bisa berolahraga meskipun itu hanya dilakukan dikamar kos saja. Ada banyak gerakan latihan sederhana yang dapat kamu lakukan tanpa alat-alat gym yang mewah. Meski begitu, badan kamu akan tetap sehat kok, dan tidak akan menjebol budget bulanan kamu.

Nah, dibawah ini adalah gerakan latihan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di dalam kamar kos kamu sendiri!

1.      Push-Up

Push-Up | https://www.google.co.id
Push-Up | https://https://3i133rqau023qjc1k3txdvr1-wpengine.netdna-ssl.com/

Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan mudah didalam kamar kos. Gerakan ini bisa dikatakan latihan olahraga yang sangat populer. Karena gerakan ini sangat mudah dilakukan namun memberikan manfaat yang lumyan dan kamu juga tidak memerlukan lahan yang luas, artinya gerakan ini bisa dilakukan didalam kamar kos, hanya memerlukan lahan seluas ukuran badan saja. Cukup meletakan kedua telapak tangan dilantai, dengan ujung jari kaki sebagai tumpuan, lalu badan diangkat keatas hingga kedua tangan lurus, lalu badan turunkan kembali. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.  Mudah kan? Namun masih banyak yang menganggap bahwa gerakan ini sulit dilakukan, mungkin karena mereka malas saja.

2.      Sit-Up

Sit-Up | https://3i133rqau023qjc1k3txdvr1-wpengine.netdna-ssl.com
Sit-Up | https://3i133rqau023qjc1k3txdvr1-wpengine.netdna-ssl.com

Gerakan latihan ini bertujuan untuk melatih otot perut. Caranya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya di dalam kamar kos. Tidur terlentang, kedua lutut ditekuk serta kedua telapak tangan diletakan dibelakang kepala hingga sikunya tertekuk. Kemudian badan diangkat sampai posisi duduk dengan kedua telapak tangan tetap berada dibelakang kepala. Badan diurunkan kembali hinggan posisi awal. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

Sit-up sangat cocok buat kamu yang ingin ngecilin perut karena kebanyakan makan Indomie, karena sit-up ini bagus untuk otot perut, bisa juga ngebentuk six pack kayak Ronaldo, dan juga bagus untuk pernafasan.

3.      Lunges

Lunges | https://3i133rqau023qjc1k3txdvr1-wpengine.netdna-ssl.com
Lunges | https://3i133rqau023qjc1k3txdvr1-wpengine.netdna-ssl.com

Gerakan ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang malas berolahraga. Lunges ini bisa dikatakan gerakan yang 3 in 1, karena gerakan latihan ini berguna untuk melatih otot perut, otot punggung, dan otot kaki. Dimulai dengan berdiri tegak dengan kedua kaki sejajar dengan bahu, dan tangan diletakkan dipinggang. Gerakan kaki kanan kedepan, kemudian tekuk hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tumit menahan beban berat. Lakukan hal tersebut bergantian dengan kaki kiri. Sangat mudah dilakukan kok guys!

4.      Squat

Squat | https://media.self.com
Squat | https://media.self.com

Gerakan ini sangat cocok nih buat kamu yang ingin ngecilin perut. Caranya juga mudah kok. Kamu tinggal berdiri tegak dengan kedua kaki sejajar dengan bahu, lalu turunkan badan hingga posisi seperti duduk di kursi, bukan duduk dilantai ya. Usahakan posisi badan kamu tetap tegak. Lalu kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sekitar 3 set dengan masing-masing set 20 (disesuaikan dengan kemampuan) hehehe.

5.      Plank

 Plank | https://media1.popsugar-assets.com
Plank | https://media1.popsugar-assets.com

Gerakan yang bagus banget buat ngecilin lengan dan perut. Kamu cukup memulai dengan gerakan seperti akan melakukan push-up dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Tahan posisi tersebut, untuk menahan otot lengan dan otot perut, sekitar 20-30 detik (saya ingatkan kembali, itu sesuai kemampuan kamu ya guys!).

Itulah beberapa gerakan latihan yang bisa kamu lakukan di dalam kamar kos. Lengkapi kebutuhan kamu itu dengan makanan yang sehat juga yaaa supaya badan kamu tetap bugar.