Buat kamu anak kos, pastinya sering banget beli air minum mineral yang dikemas dengan botol plastik. Tapi tau kah kamu jika botol plastik itu adalah limbah anorganik yang susah banget terurai?

Kurang bijak kalo kamu sebagai anak kos yang baik langsung membuangnya saja. Botol plastik bekas ini bisa dijadikan barang yang berguna buat kamu loh!

Gak hanya itu, tentu kamu bisa berhemat dengan menggantikan barang yang harusnya kamu beli, tapi cukup dibuat dengan daur ulang botol plastik aja. Simak 5 daur ulang botol plastik berikut ini.

  1. Pot Tanaman

pot tanaman

Pot Tanaman | http://www.semenrajawali.com

Ada tanaman hias di kamar tentu bikin pemandangan makin sejuk dan asri. Daur ulang botol plastik yang dibuat sebagai pot ini bakal bikin dekorasi kamar kos kamu makin cantik dan terasa natural.

Dengan sedikit kreativitas anak kos, botol plastik bisa disulap menjadi pot gantung atau pot duduk yang lucu. Jika dibandingkan dengan membeli di toko tanaman, akan jauh lebih mahal. Selain itu ada rasa puas jika kamu punya karya yang kamu pakai sendiri.

Membuatnya pun juga mudah, cukup siapkan botol dan warnai dengan cat dan tambahkan aksesoris. Cobain yuk!

  1. Lampu Tidur Artistik

lampu tidur artistik

Lampu Tidur Artistik | http://www.thestyle.ir

Selanjutnya dari bahan dasar botol bekas kamu juga bisa bikin lampu tidur yang artistik. Dijamin tidur kamu di kamar kos bakalan nyaman dengan pemandangan lampu tidur dari daur ulang botol plastik buatan sendiri.

Pemandangan indah ini bisa dihasilkan dari kreativitas menggabungkan antara botol bekas berukuran besar, dengan dilapisi bekas sendok makan plastik yang direkatkan di sekeliling botol. Kemudian lampu dimasukkan di dalam botol. Sederhana bukan?

  1. Tempat Pensil

Tempat Pensil | https://www.raparapa.com
Tempat Pensil | https://www.raparapa.com

Jika tadi sudah ada pot tanaman dan lampu hias yang bahan pembuatan dari daur ulang botol mineral, kali ini kamu bisa manfaatin botol bekas shampo, pencuci piring atau softener pakaian.

Cara membuatnya cukup sederhana, siapkan botol, cat dan kuas. Warnai dan bentuk pola sesuai keinginan kamu. Jika ingin lebih bagus gnakan tambahan pelengkap bisa dari mata buatan atau benda lain. Bikin kayak gini gampang baget, anak kos pasti bisa.

  1. Celengan Lucu

Celengan Lucu | https://infoana.com
Celengan Lucu | https://infoana.com

Paling sering dialami anak kos, ketika awal bulan punya banyak uang dan kembalian belanja berupa uang recehan berserakan di kamar. Dan pada akhir bulan kamu kehabisan uang, pasti nyari-nyari uang receh itu.

Biar gampang cari uang receh kamu bisa nabung buat akhir bulan. Manfaatkan botol bekas buat bikin celengan lucu. Cukup dengan sedikit sentuhan, anak kos bisa bikin karya yang bisa bermanfaat buat sendiri, seperti celengan lucu ini.

  1. Tempat Perhiasan dan Aksesoris

Tempat Perhiasan dan Aksesoris | https://www.rumahmesin.com
Tempat Perhiasan dan Aksesoris | https://www.rumahmesin.com

Daur ulang botol plastik yang terakhir adalah tempat perhiasan dan aksesoris. Buat para cewek berdandan dan bergaya merupakan sebuah keharusan.

Namun, beberapa anak kos pasti meyimpan perhiasan dan aksesorisnya di sembarang tempat. Pada akhirnya lupa dan harus membeli aksesoris lagi. Sekarang kamu gak perlu khawatir, ada daur ulang botol plastik untuk menyimpan perhiasan dan aksesoris kamu.

Cara pembuatannya pun sederhana, gak ribet kok. Kamu bisa coba memotong dan menempel beberapa bagian botol bekas air mineral. Silahkan dicoba!

Sudah tau kan jika ternyata botol plastik bekas bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat bahkan mempunyai nilai jual. Kamu bisa coba dengan apa yang kamu butuhkan dan tertarik membuatnya.

Jangan ragu, segera siapkan alat dan bahan kemudian eksekusi. Jadi mana yang akan kamu coba duluan? Jangan lupa tinggalkan komentar kamu dan bagikan ke temen – temen kos kamu ya.