Terkadang ada beberapa kondisi yang sulit untuk dijelaskan yang memaksa kita menunda sedikit waktu membayar kos. Tunggakan yang harus dilakukan ini terkadang membuat ibu kos makin “gemas” atas kelakuan mereka. Alasan demi alasan pasti sering dilontrakan oleh anak kos yang telat membayar biaya sewanya. Demi mendapatkan sedikit toleransi dari pemilik kos, kalimat-kalimat ini sering diucapkan. Mau tau apa saja biasanya yang dijadikan alasan buat anak kos? Simak penjelasannya berikut ini ya.

1. Buat Bayar Kuliah

Buat Bayar Kuliah | https://colossus.malesbanget.com
Buat Bayar Kuliah | https://colossus.malesbanget.com

Alasan yang diutarakan biasanya berkaitan dengan kegiatan perkuliahan. “Maaf ya bu, minta waktunya sedikit lagi, kemarin ada studi lapangan mendadak.” Mau tidak mau sang Ibu kos merasa iba dan terharu. Alhasil ibu kos memberikan toleransi beberapa hari untuk melunasinya.

2. Telat dapat Kiriman Uang

Telat dapat Kiriman Uang | http://kabarkampus.com/
Telat dapat Kiriman Uang | http://kabarkampus.com/

Sebagai mahasiswa yang sebagian besar uangnya di dapatkan dari kiriman uang orangtua, tentu saja alasan yang satu ini kerap kali digunakan. Memang, kiriman uang yang telat menjadikan kita dalam posisi yang terdesak. Tapi mau bagaimana lagi, menjadi anak kos memang harus belajar sabar dan bisa membujuk ibu kosnya agar diberikan waktu tambahan untuk membayar sewanya.

3. Uang Masih Dipinjam

Uang Masih Dipinjam | https://propertyuniversity.files.wordpress.com
Uang Masih Dipinjam | https://propertyuniversity.files.wordpress.com

Salah satu alasan lainnya adalah uang yang masih dipinjam temannya. “Besok lusa pasti saya bayar kok bu, uang-nya setelah dikembalikan pasti langsung saya berikan.” Begitulah kiranya jawaban para anak kos yang uangnya masih ada di tangan temannya.

4. Lupa

Lupa | https://cdn.brilio.net
Lupa | https://cdn.brilio.net

Alasan kali ini biasanya memang disengaja dan dibuat-buat. Dengan berpura-pura lupa maka ibu kos malah makin marah besar. Dengan keluguan dan kepolosan serta gaya bicara yang memelas tak kan mampu melunasi biaya sewa mu. Sebaiknya pikir-pikir lagi apabila ingin menggunakan alasan lupa ya!

5. Kartu ATM Terblokir

Kartu ATM Terblokir | https://1.bp.blogspot.com/
Kartu ATM Terblokir | https://1.bp.blogspot.com/

Alasan klise dan sangat sulit dipercaya. Namun alasan ini juga sering digunakan oleh anak kos yang ditagih bayar sewanya. “Uangnya sudah ada kok bu, tapi ATM saya lagi keblokir belom bisa ambil uang. Besok saya bayar deh..” Kalimat ini menjadi salah satu contoh gaya memelas sang anak kos apabila ditagih uang sewanya.

Nah, itu dia beberapa Alasan yang Dilontarkan Anak Kos jika Telat Bayar Sewa. Kamu jangan sampai telat bayar sewa juga ya!