Membeli rumah bukanlah perkara mudah, perlu pemikiran dan pertimbangan matang terlebih dahulu sebelum seseorang memutuskan untuk membeli rumah. Pasalnya, tentu saja harga rumah yang melambung ditambah daya beli masyarakat yang masih rendah terhadap sebuah rumah membuat rumah menjadi barang yang sulit dijangkau. Kesulitan membeli rumah tersebut harus dicari solusinya, mengingat rumah merupakan kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk hidup yang membutuhkan tempat untuk berteduh.

Tips Membangun Rumah Murah
Tips Membangun Rumah Murah

Kredit rumah melalui KPR menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan rumah impian dengan budget yang minim. Namun sayangnya, tak semua orang dapat dengan mudah menembus persyaratan bank untuk memperolah izin KPR. Bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan tetap atau masa kerja yang dipersyaratkan oleh bank tentu kesulitan untuk mengajukan kredit rumah melalui KPR. Tak perlu khawatir, karena terdapat solusi lain untuk mendapatkan rumah impian, yaitu dengan membangun rumah murah yang dirancang sendiri.

Tentu saja membangun dan merancang rumah sendiri akan jauh lebih murah dan hemat dibandingkan harus membeli rumah di perumahan atau kavling siap bangun yang dibuat oleh para developer. Anda pun bisa membangun sendiri rumah murah sesuai impian Anda, yang disesuaikan dengan budget yang terkumpul. Rumah murah tidak selalu buruk, ada juga rumah murah yang bisa dibangun dengan kualitas tinggi.

Tips Membangun Rumah Murah
Tips Membangun Rumah Murah

Inilah 4 tips yang bisa Anda coba untuk membangun rumah murah dengan kualitas tinggi.

  1. Dapatkan tanah strategis

Beruntung jika Anda sudah memiliki sebidang tanah dengan lokasi strategis yang siap untuk dibangun rumah. Anda tidak perlu lagi mencari dan membeli tanah jika Anda sudah memiliki tanah sebelumnya. Namun jika belum memiliki tanah, Anda dapat mencari tanah dengan lokasi yang cocok terlebih dahulu sebelum Anda membangun rumah murah diatasnya.

Harga tanah memang tak murah, namun setidaknya jauh lebih murah ketimbang Anda membeli rumah yang sudah jadi di perumahan. Jika lokasi tanah di kota sudah terlampau mahal, Anda bisa mencari tanah strategis lain di pinggiran kota atau pedesaan yang harganya lebih murah. Saat ini banyak tanah pedesaan yang strategis dan layak untuk dihuni, sehingga kesempatan Anda mendapatkan rumah murah menjadi lebih besar.

  1. Merancang bangunan dengan efektif dan efisien

Rumah murah namun berkualitas tinggi dapat disiasati dengan cara perancangan rumah yang efektif dan efisien. Tentukan terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang harus ada dalam sebuah rumah, lalu tentukan berapa ukuran masing masing. Anda tak perlu membangun ruang tamu dengan ukuran yang sangat luas jika memang dana terbatas, cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang ada. Intinya, rumah murah yang dirancang tidak boleh dipaksakan dan sebaiknya disesuaikan dengan prinsip efektif dan efisien.

  1. Pilih bahan bangunan yang sederhana

Komponen rumah atau bahan bangunan juga menentukan berapa harga rumah dan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah rumah. Oleh karena itu untuk mewujudkan rumah murah yang Anda idamkan, pilih bahan bangunan serta komponennya yang sederhana saja, tak perlu mewah dan neko neko. Rumah yang didesain simpel tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, namun tetap perhatikan kualitas bahan bangunannya agar rumah murah yang Anda bangun tetap berkualitas tinggi.

  1. Membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh

Konsep rumah tumbuh juga bisa Anda terapkan dalam membangun rumah murah. Cukup bangun bagian bagian penting yang dibutuhkan untuk sebuah rumah saja, sisanya dapat dilakukan di lain waktu ketika Anda sudah memiliki dana. Atur bangunan rumah sedemikian rupa agar Anda masih dapat membangunnya kembali di masa depan. Misalnya, Anda dapat menyisakan sisa lahan bagian belakang untuk Anda bangun sebuah kamar tambahan ketika budget sudah mencukupi.