Bisnis persewaan kamar kos sudah sangat menjamur di semua kota besar di Indonesia. Mulai dari kota yang penuh dengan universitas ataupun sekolah, sampai yang merupakan kota perkantoran dan pusat bisnis. Orang yang akan mencari dan menyewa kamar kos akan sangat mudah menemukan tempat persewaan kamar kos, dan mudah juga memilih kamar kos yang mana yang akan disewa. Berdasarkan keramaian kota, dan faktor lainnya, kamar kos memiliki harga sewa yang berragam. Mulai dari yang sangat murah sekali, sampai yang sangat mahal. Tentunya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Satu hal yang mungkin sudah anda tahu adalah mahalnya biaya sewa kos di kawasan perumahan, jika dibandingkan di kompleks biasa. Mengapa bisa demikian? Apakah hanya orang kaya saja yang bisa menyewa kamar kos di daerah perumahan karena harga sewanya yang mahal?

Nah, jika dipikir-pikir, ternyata sama saja jika anda menyewa kamar kos di luar perumahan dan yang berada di dalam kompleks perumahan. Mahal sih mahal, tetapi mahalnya kamar kos tersebut ternyata ada maksudnya.

Biaya Keamanan

outsourcingsecurityperumahan-karawangblogspotcom
Security Perumahan (Sumber : outsourcingsecurityperumahan-karawang.blogspot.com )

Bonus tersendiri yang akan anda dapatkan ketika anda menyewa kamar kos di daerah perumahan adalah jasa keamanan yang sudah termasuk di kompleks perumahan. Biasanya, perumahan yang baik selalu dijaga oleh security di pintu masuk perumahan, dan setiap beberapa jam sekali akan ada petugas keamanan yang keliling memeriksa keamanan di seluruh area. Tidak janggal jika biaya sewa kamar kos di perumahan akan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lain. Ternyata memang ada biaya tambahan untuk keamanan kos dan kompleks yang secara rutin harus dibayarkan oleh pemilik kos ke pihak perumahan.

Biaya Kebersihan

Salah satu hal utama dari persewaan penginapan atau kamar kos adalah kebersihan yang harus selalu dijaga. Jika kebersihan kompleks tidak dijaga, maka akan menimbulkan banyak penyakit dan ketidaknyamanan. Perumahan mengedepankan kebersihan kompleks untuk selalu menjadi prioritas. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan kompleks secara rutin, sampai ke truk sampah yang selalu mengambil tumpukan sampah dari setiap tong dan membawanya ke TPA. Hal tersebut hampir tidak ditemukan di luar perumahan. Oleh sebab itu, jika anda memilih untuk menyewa kamar kos di perumahan, maka anda harus siap-siap membayar biaya lebih yang ternyata dialokasikan untuk biaya kebersihan kompleks, termasuk kos anda.

sidaknewscom
Petugas Kebersihan Kompleks (Sumber : sidaknews.com)

 

Fasilitas Lengkap

Hal ketiga yang jarang ditemukan di kamar kos lain diluar perumahan adalah fasilitas selain kasur dan lemari yang ternyata sudah lengkap dan termasuk dalam fasilitas kos. Beberapa diantaranya adalah Air Minum, Dapur dan Kelengkapannya, Kamar Mandi dan Air Panas, dll. Kesemua fasilitas tersebut pasti akan anda dapatkan ketika anda menyewa kamar kos di daerah perumahan. Fasilitas tersebut tentunya memerlukan perawatan, dan para penyewa kamar kos wajib memberikan uang iuran untuk perawatan fasilitas yang mereka gunakan. Iuran tersebut yang akan membuat biaya kamar kos bertambah.

jogjatribusnewscom
Fasilitas Kos yang Lengkap (Sumber : jogja.tribunnews.com)

Jadi, apakah anda rugi jika membayar lebih mahal untuk kamar kos di perumahan? Sesungguhnya tidak. Jika anda sempat membandingkannya, maka pengeluaran total yang harus anda tanggung untuk sebulan hidup di kos (beserta pengeluaran lain) sudah bisa anda dapatkan dengan sekali bayar di kamar kos perumahan.